5 Khasiat Rahasia Buah Belimbing Untuk Kesehatan Anda

5 Khasiat Rahasia Buah Belimbing Untuk Kesehatan Anda
5 Khasiat Rahasia Buah Belimbing Untuk Kesehatan Anda
manfaat-buah-belimbing-untuk-kesehatan

Mungkin karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan khasiat buah belimbing, menyebabkan buah yang sekilas mirip dengan bentuk bintang ini, sekarang mulai sulit untuk ditemukan. Khusus di daerah kami, tidak ada satupun masyarakat yang sepertinya berniat untuk menanam kembali pohon belimbing.

Sekilas memang tidak ada yang istimewa dari buah belimbing. Selain tidak memiliki nilai jual yang bagus, rasa buahnya yang asam hanya akan terasa enak jika dibuat sebagai campuran rujak. Mungkin ini juga yang membuat buah belimbing tidak terlalu banyak disukai dan dibudidayakan oleh masyarakat.

Akan tetapi bila melihat lebih jauh mengenai khasiat buah belimbing, terutama khasiatnya untuk kesehatan. Masyarakat mungkin akan sadar dan mulai berkeinginan untuk menanam pohon belimbing. Karena ternyata, dibalik rasanya yang asam, buah belimbing juga mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nah berikut ini beberapa khasiat rahasia buah belimbing untuk kesehatan anda.

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan


1. Mempercantik kulit
Nutrisi berupa vitamin B yang terkandung dalam buah belimbing, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kesuburan pertumbuhan rambut. Selain itu, buah belimbing juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah yang berkhasiat untuk mengurangi minyak berlebih dan mengobati jerawat berkat kandungan anti mikrobanya.

2. Memperbaiki metabolisme tubuh
Buah belimbing juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B4, B5 dan B6 serta priridoksin yang sangat baik dalam membantu meningkatkan kinerja enzim. Dengan begitu, aktivitas metabolisme dalam tubuh juga bisa diperbaiki dan ditingkatkan.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi juga bisa diobati dengan mengkonsumsi buah belimbing. Ini dikarenakan kandunga zat besi, kalsium dan forfor serta seng yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah tinggi dan denyut nadi. Dengan begitu, maka tekanan darah dalam tubuh pun akan normal kembali.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare merupakan gangguan kesehatan yang dapat merusak kenyamanan anda. Apabila ini terjadi, maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah belimbing.

Untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan, buah belimbing bisa menjadi sumber serat yang sangat baik sebagai pengikat zat kimia yang menjadi pemicu masalah pada bagian usus. Dengat terikatnya zat kimia tersebut, maka sistem pencernaan dalam tubuh anda akan semakin lancar dan juga sehat.

5. Mencegah kanker
Pola makan dan kebiasaan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol, merokok dan radikal bebas merupakan beberapa penyebab dari munculnya sel kanker di dalam tubuh. Anda harus hati-hati dengan kemungkinan terserang penyakit kanker, karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik tua ataupun muda.

Tapi kabar baiknya, anda kini bisa mencegah atau menghindari bahaya kanker secara alami dengan mengkonsumsi buah belimbing. Karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah belimbing, merupakan antioksidan yang ampuh sebagai penangkal radikal bebas yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker. Setiap harinya, tubuh kita membutuhkan sedikitnya 57 persen asupan vitamin C. Dan 100 gram buah belimbing, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tersebut.

Selain sebagai antioksidan, khasiat buah belimbing lainnya dalam hal pencegahan kanker ialah sebagai resistensi dan anti inflamasi dalam tubuh.

Nah itulah 5 khasiat rahasia buah belimbing untuk kesehatan tubuh. Namun untuk menjaga keseimbangan nutrisi, maka sangat dianjurkan agar anda tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah belimbing. Konsumsilah buah belimbing dan juga buah-buahan lainnya untuk mendapatkan segala manfaat kebaikan buah bagi tubuh anda.
Advertisement