Kandungan Buah Salak dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Buah Salak dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Kandungan Buah Salak dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh
manfaat buah salak bagi kesehatan

Semua orang khususnya masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah salak. Bahkan, mungkin saja buah salak ini merupakan buah wajib yang selalu Anda sediakan setiap hari di meja makan.

Ciri buah salak ialah berbentuk bulat lonjong dengan kulit buah yang bersisik. Bagian isi buahnya berwarna putih kecoklatan dan terdapat biji buah di dalamnya. Rasa buah salak ini bervariasi, tetapi umumnya jika benar-benar matang dan kualitasnya bagus, maka secara umum rasanya akan terasa manis.

Selain cukup lezat untuk dikonsumsi. Buah salah juga memiliki kandungan zat dan gizi yang banyak. Banyaknya kandungan zat dan gizi tersebut, membuat buah salak ini sangat baik untuk asupan bagi kesehatan tubuh. Apa saja kandungan dan manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh ? simak uraian lengkapnya dibawah ini.

Kandungan buah salak


Selain rasanya yang lezat. Buah salak ternyata mengandung berbagai macam zat dan gizi. Dalam 100 gram buah salak. Terdapat kandungan gizi sebagai berikut :
  • 12, 1 gram karbohidrat
  • 38 mili gram kalsium
  • 18 mili gram fosfor
  • 0,4 gram lemak
  • 0,2 mili gram vitamin B2
  • 8,4 mili gram vitamin C
  • 3,9 mili gram zat besi
  • 0,3 mili gram total serat

Khasiat buah salak untuk kesehatan tubuh


Dari banyaknya kandungan gizi yang dimiliki oleh buah salak. Maka sudah barang tentu buah salak memiliki khasiat yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Nah berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah salak.

1. Menyehatkan jantung
Buah salak memiliki kandungan berupa antioksidan, mineral serta kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga bisa dikatakan, buah ini merupakan sumber asupan yang baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Kalium yang dimilikinya, mempunyai peranan dalam membantu pengiriman impuls saraf yang berpengaruh pada detak jantung.

Dengan begitu, Anda yang mengalami gagal jantung atau tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan untuk mencukupi asupan kalium dengan cara mengkonsumsi buah salak.

2. Melancarkan pencernaan
Selain beberapa kandungan gizi diatas. Buah salak juga merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Beberapa diantaranya ialah saponin, tanin, flavonoid dan beta karoten. Khusus untuk tanin, ia adalah nutrisi yang sangat bagus untuk mengatasi diare dan juga masalah pencernaan yang lain.

Dan ketika mengkonsumsinya, Anda disarankan untuk tidak membuang kulit halus yang membungkus isi buahnya. Karena ternyata, mengkonsumsi buah salak bersama kulit halusnya tersebut sangat ampuh untuk mencegah sembelit.

3. Membantu kelancaran program diet
Apabila Anda saat ini sedang menjalankan program diet atau penurunan berat badan. Maka selain mengkonsumsi buah alpukat atau buah pisang, Anda juga sebaiknya harus mengkonsumsi buah salak.
Karena mengandung serat dan antioksidan, maka buah salak ini juga salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi disaat menjalankan diet.

Selain itu, buah salak ini juga mengandung karbohidrat dan kalsium sehingga dengan mengkonsumsinya kebutuhan energi dalam tubuh Anda akan terpenuhi.

4. Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh
Selain manfaat diatas, buah salak juga sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda dari serangan atau kerusakan sel. Ini dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang terdapat pada buah salak.

Selain itu, kandunga berupa beta karoten yang dimilik buah salak, merupakan antioksidan yang baik untuk menghindarkan Anda dari penyakit stroke, kanker dan jenis penyakit kardiovaskuler lainnya.

Wah. Ternyata selain enak dan lezat, buah salak juga merupakan buah yang sangat bermanfaat ya ?. Kalau begini, tidak ada ruginya dong apabila kita selalu mengkonsumsinya tiap hari.

Ya, mengkonsumsi buah salak memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi ingat, apapun yang dilakukan secara berlebihan, tetap saja tidak bagus dan kadang bisa menyebabkan hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Begitu juga dengan buah salak, meskipun khasiatnya baik untuk tubuh, tapi kita tetap tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.

Akhirnya semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi sumber pengetahuan tambahan bagi Anda yang sedang mencari tahu mengenai khasiat buah salak.
Advertisement