5 Khasiat Akar Wangi Untuk Kesehatan dan Pengobatan

5 Khasiat Akar Wangi Untuk Kesehatan dan Pengobatan
5 Khasiat Akar Wangi Untuk Kesehatan dan Pengobatan
manfaat akar wangi bagi kesehatan tubuh

Tahukah Anda bahwa vetiver atau yang lebih dikenal dengan nama akar wangi ternyata memiliki khasiat yang penting untuk dijadikan sebagai bahan obat-obatan. Hal ini tidak lain disebabkan karena tanaman ini memiliki kandungan zat dan senyawa yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Bagi Anda yang belum mengetahui, akar wangi adalah tanaman yang biasanya tumbuh subur di daerah-daerah tropis. Ciri dari tanaman akar wangi ialah berbentuk rumput panjang dengan daun meruncing ke atas. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan ketinggian maksimal 1 sampai 1,5 meter.

Akar wangi merupakan tanaman asli India Barat dan India Utara. Tetapi kemudian menyebar dan juga tumbuh di Indonesia. Di India, tanaman ini dikenal dengan nama khus.

Selain dikenal dengan nama akar wangi, orang-orang Indonesia juga mengenal tanaman ini dengan nama serai wangi dan rumput akar wangi. Sedangkan nama latinya ialah Chrysopogon Zizanioides, Vetiveria Zizanioides dan Andropogon Zizanioides. Tanaman akar wangi sendiri termasuk ke dalam keluarga Poaceae dan masih satu keluarga dengan tanaman padi serta serai.

Sebelum dimanfaatkan sebagai obat, tanaman akar wangi sebenarnya telah lama digunakan sebagai bahan untuk membuat wewangin dengan mengolah bagian akarnya. Inilah juga yang menjadikan tanaman ini lekat dengan sebutan akar wangi.

Adapun beberapa kandungan zat dan senyawa yang dimiliki oleh akar wangi diantaranya ialah karbonil, ester, seskuiterpen, seskuiterpen derivatif dan vetiverols. Dan berikut ini, beberapa manfaat tanaman akar wangi untuk kesehatan tubuh.

Khasiat akar wangi untuk kesehatan


1. Mengobati demam
Ada yang beranggapan bahwa demam merupakan gangguan kesehatan yang tidak harus diobati karena akan sembuh dengan sendirinya. Namun yang namanya penyakit, maka tentu tidak wajar kalau kita tidak melakukan upaya penyembuhan.

Apabila sewaktu-waktu Anda atau anak Anda terserang demam, maka Anda bisa memanfaatkan akar wangi untuk mengobatinya.

2. Mengatasi batu ginjal
Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Bila terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan, maka akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini bisa lebih fatal.

Anda juga bisa menggunakan akar wangi sebagai obat batu ginjal. Caranya ialah dengan meminum air rebusan akar wangi secara rutin. Kandungan yang terdapat pada akar wangi, dipercaya dapat menghancurkan batu ginjal dan kemudian akan dibuang oleh tubuh bersama air kencing.

3. Mengatasi pegal linu
Secara umum pegal linu biasanya akan menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut. Namun tentu saja, Anda yang masih remaja ataupun dewasa tidak bisa merasa aman dari serangan pegal linu. Karena meskipun jarang, pegal linu juga bisa menyerang orang-orang yang masih berusia muda.

Untuk memanfaatkan akar wangi sebagai obat pegal linu, Anda bisa mengolahnya dengan cara menumbuk akar wangi sampai halus dan menggunakan tumbukan tersebut dengan menggosokkan nya pada bagian tubuh yang terasa linu. Anda juga bisa melakukan kombinasi gerakan dengan cara memijat atau mengurut titik linu.

4. Sebagai obat luka
Kandungan yang terdapat pada akar wangi juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Anda bisa menggunakan akar wangi ini sebagai obat penyembuh luka dari luar. Caranya ialah Anda tinggal membuat ramuan penyembuh luka dari akar wangi dengan menumbuknya sampai halus. Setelah itu menggunakan tumbukan akar wangi tersebut dengan cara mengoleskannya pada bagian tubuh yang luka. Lakukan pengobatan secara rutin agar luka Anda segera kering dan sembuh.

5. Mengatasi rematik
Seperti pegal linu, rematik sebenarnya merupakan penyakit yang biasanya akan menyerang orang-orang dengan usia lanjut. Namun lagi-lagi Anda yang masih muda pun bisa saja terkena penyakit rematik ini.

Nah jika Anda saat ini sedang mengalami gangguan rematik, maka Anda bisa memanfaatkan khasiat akar wangi untuk menyembuhkan rematik.

Cara pengobatan yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggosokkan akar wangi ini pada bagian atau titik rematik. Tapi ingat, lakukan pengobatan hanya ketika rematik Anda kambuh. Artinya penggunaan akar wangi sebagai obat rematik ini tidak dianjurkan untuk penggunaan rutin.

Penggunaan obat-obatan dari tanaman herbal memang sangat dianjurkan karena kelebihannya yang tidak menimbulkan efek samping. Namun meskipun begitu, Anda harus tetap melakukan pemeriksaan atau berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda sebelum menggunakan obat-obatan alami, begitu juga dengan penggunaan akar wangi ini.
Advertisement