5 Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

5 Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan
5 Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

khasiat daun kenikir untuk kesehatan

Ulam raja atau yang lebih akrab dikenal dengan nama kenikir, merupakan salah satu tanaman yang istimewa. Hal ini, dikarenakan oleh kandungan yang terdapat pada kenikir sangat berkhasiat untuk digunakan sebagai obat tradisional.

Kenikir sebenarnya merupakan tanaman yang aslinya berasal dari daerah Amerika latin. Namun kemudian, tanaman ini perlahan mulai tersebar dan tumbuh dengan subur di daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Adapun kandungan yang terdapat pada kenikir diantaranya adalah mineral, terpenoid, tokoferol, polifenol, saponin, flavonoid dan mineral. Selain itu, tanaman kenikir juga mengandung banyak zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam pemanfaatan kenikir sebagai obat alami, orang-orang biasanya akan mengolah bagian daunnya. Nah untuk mengetahui lebih jelas apa saja khasiat dari daun kenikir. Berikut ini telah kami rangkumkan uraiannya untuk Anda.

Manfaat daun kenikir untuk pengobatan dan kesehatan tubuh


1. Mengobati dan mencegah pertumbuhan sel kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Apabila terus dibiarkan, maka penyakit ini bisa saja berakibat fatal bagi penderita.

Untuk mengobati ataupun mencegah tumbuhnya sel kanker, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek atau melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter. Namun jika menginginkan pengobatan secara alami, maka Anda bisa memanfaatkan daun kenikir. Karena kandungan zat flavonoid dan saponin yang terdapat pada daun kenikir, dipercaya mampu untuk mencegah dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat daun kenikir sebagai obat kanker, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun kenikir, atau jika ingin lebih praktis, maka Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang berasal dari ekstrak daun kenikir. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun kenikir dan ekstrak daunnya secara rutin, maka insya Allah penyakit atau sel kanker dalam tubuh Anda musnah.

2. Mengobati penyakit maag
Kandungan senyawa tokoferol, polifenol dan hidroksieugenol yang terdapat pada daun kenikir, juga berkhasiat untuk menetralkan asam lambung penyebab sakit maag. Karenanya apabila gejala atau penyakit maag mulai terasa, segeralah lakukan pengobatan dengan cara mengkonsumsi daun kenikir.
Manfaat selanjutnya dari daun kenikir dalam hal mengobati maag ialah memulihkan luka tukak lambung. Anda bisa mengkonsumsi daun kenikir ini dengan cara ditumis atau dibuat sebagai lalapan.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh
Daun kenikir juga berkhasiat dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dikarenakan pada daun kenikir terdapat zat berupa protein nabati yang dapat memperlancar proses pembentukan fagosit. Apabila proses terbentuknya fagosit ini lancar, maka sistem imun atau sistem kekebalan tubuh akan kuat dan metabolisme yang terjadi di dalam tubuhpun akan semakin optimal.

4. Menormalkan fungsi jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk selalu dijaga kesehatannya. Sebab apabila fungsi jantung sampai mengalami masalah, maka fungsi organ tubuh yang lain pun akan terganggu.

Kabar baiknya untuk tetap menjaga kesehatan fungsi jantung, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Cukup rutinkan diri untuk mengkonsumsi air rebusan daun kenikir, maka fungsi jantung Anda akan tetap sehat dan normal.

Selain itu, daun kenikir ini juga dapat membantu proses pemulihan sel tubuh atau sel jantung yang mengalami kerusakan. Senyawa flavonoid yang dikandungnya, merupakan senyawa yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

5. Memperlancar dan meningkatkan produksi ASI
ASI tentunya sangat dibutuhkan oleh bayi. Sebab, hanya dari ASI inilah sang bayi bisa mendapatkan asupan untuk kelangsungan pertumbuhannya.

Apa jadinya jika kuantitas dan kelancaran ASI ini terganggu ? tentu ini bisa menjadi masalah serius yang harus diatasi.

Nah bagi Anda para ibu menyusui yang memiliki masalah kekurangan air ASI atau air ASI nya tidak lancar. Maka Anda bisa memanfaatkan daun kenikir. Caranya ialah dengan rutin meminum air rebusan daun kenikir, atau mengoleskan tumbukan daun kenikir pada area payudara.

Itulah beberapa khasiat yang bisa Anda peroleh dari pemanfaatan daun kenikir sebagai obat tradisional. Karena sifatnya yang alami, maka Anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan oleh daun kenikir. Seperti obat-obatan alami dari tanaman herbal lainnya, maka sudah barang tentu pengobatan dengan daun kenikir ini juga terbebas dari efek samping.
Advertisement