5 Khasiat Penting Buah Tin Untuk Kesehatan

5 Khasiat Penting Buah Tin Untuk Kesehatan
5 Khasiat Penting Buah Tin Untuk Kesehatan
manfaat buah tin untuk kesehatan

Buah Tin, siapa yang tidak kenal buah yang satu ini ? kami rasa semua orang mengenalnya, begitupun dengan anda. ya kan ?

Dikalangan umat islam, buah tin ini merupakan buah yang sangat istimewa. Karena selain merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam, buah tin juga disebutkan secara nyata oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an Surat At-Tin ayat 1-2. Saking istimewanya, masyarakat islam bahkan mempercayai bahwa buah tin merupakan salah satu buah yang berasal dari surga.

Lebih lanjut, buah tin merupakan buah yang mengandung berbagai macam gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan oleh orang Arab, daun tin sering diracik sebagai obat untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tini diantaranya ialah kalsium, zat besi, mineral, protein serta vitamin. Sedangkan khasiat dari buah tin bagi kesehatan ialah dapat menyembuhkan penyakit jantung, menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes dan mencegah kanker. Selengkapnya mengenai khasiat buah tin bisa anda temukan pada ulasan dibawah ini.

Manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh


1. Mengatasi penyakit jantung koroner
Jantung koroner adalah salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka sudah saatnya bagi anda untuk mewaspadai serangan jantung koroner ini. Dan salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk mencegah ataupun mengatasi penyakit jantung koroner ialah dengan rutin mengkonsumsi buah tin.

2. Mencegah penyakit osteoporosis
Osteoporosis adalah sebuah kondisi dimana tulang-tulang mengalami pengeroposan karena kekurangan kalsium. Biasanya, orang-orang yang berusia lanjut yakni diatas 50 tahun, akan mudah terkena dampak atau serangan dari penyakit osteoporosis ini. Kabar baiknya, anda bisa sedini mungkin untuk menghindari penyakit osteoporosis ini dengan cara mengkonsumsi buah tin. Karena memiliki kandungan kalsium, maka buah tin diyakini mampu untuk membantu atau mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh anda.

3. Mencegah penyakit kanker
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit kanker merupakan penyakit paling berbahaya nomor 2 setelah penyakit jantung. Bersama penyakit jantung, penyakit kanker telah menjadi penyebab pada banyak kasus kematian di seluruh dunia.
Penyakit kanker ini, salah satunya disebabkan karna efek dari radikal bebas yang terdampak pada tubuh. Dan buah tin, mengandung polyfenol yang sangat ampuh sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Karnanya, sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah tin sebagai upaya untuk menghindarkan diri dari serangan penyakit kanker.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Selain mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin. Buah tin juga merupakan sumber serat alami yang sangat baik untuk menekan kadar kolesterol di dalam tubuh. Semakin tinggi kadar kolesterol, maka resiko terkena tekanan darah tinggi juga semakin besar. Oleh karena itu, sangat baik bagi anda untuk membiasakan diri mengkonsumsi buah tin dalam rangka menurunkan kadar kolesterol.

5. Mengatasi penyakit diabetes
Diabetes umumnya disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Dan memasukkan buah tin sebagai obat alami untuk diabetes mungkin akan sedikit membingungkan anda. Karena pada dasarnya, buah tin ini memiliki kandungan gula yang ditandai dengan rasanya yang manis. Tapi tenang, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan, buah tin memang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes. Meskipun mengandung glukosa dan fruktosa, tapi keduanya dijamin tidak akan mengakibatkan peningkatan gula darah.

Itulah 5 manfaat penting dari buah tin untuk kesehatan tubuh. Agar khasiat buah tin ini semakin terasa, usahakan agar anda mengkonsumsinya dengan teratur sembari rutin berolahraga.

Advertisement