6 Manfaat Penting Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Penting Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Penting Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh
khasiat terong ungu untuk kesehatan

Terong mungkin tidak seenak sayuran yang lain. Bahkan, sayuran yang satu ini kerap dicueki dan kadang disingkirkan dari meja makan.

Namun untuk masalah kesehatan, terong ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Selain rendah kalori, terong juga mengandung antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melancarkan sirkulasi darah.

Disamping itu terong juga mengandung kadar air yang cukup tinggi. Sebagaimana yang kita ketahui, air merupakan salah satu unsur yang juga sangat diperlukan, dan berguna bagi tubuh.

Khasiat terong untuk kesehatan


Oh iya, terong yang kami maksud di artikel ini ialah terong ungu yang bentuknya memanjang dan berwana ungu. Berikut ini manfaat atau khasiat yang bisa kita dapatkan apabila rutin mengkonsumsinya.

1. Mencegah anemia
Anemia adalah penyakit yang timbul karena tubuh kekurangan zat besi.

Untuk mencukupinya dalam waktu singkat dan dengan harga yang murah, maka kita bisa mengkonsumsi terong ungu secara rutin setiap hari.

Terong ungu bahkan dipercaya memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsinya, kebutuhan tubuh akan zat besi pun bisa terpenuhi dalam waktu yang cepat.

Selain itu terong juga sangat berperan dalam pembentukan asimilasi protein dan juga sel darah merah.

Intinya, mengkonsumsi terong setiap hari adalah salah satu cara yang efektif untuk melindungi diri dari serangan anemia.

2. Menjaga kesehatan tulang
Khasiat terong ungu selanjutnya ialah untuk menjaga kesehatan tulang.

Manfaat ini dihasilkan dari adanya kandunga fenol, kalsium dan zat besi yang terdapat pada terong ungu.

Dengan adanya ketiga unsur tersebut, maka mengkonsumsi terong setiap hari dapat membuat tulang bertambah kuat dan terhindar dari osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan mata
Jangan salah. Bukan hanya daun atau buah pepaya saja yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Tapi, terong ungu juga tidak kalah baiknya untuk hal tersebut.

Ada kandungan zat anthociyans pada terong ungu, yang sangat penting dan berkontribusi cukup besar dalam menguatkan sistem kerja saraf yang berhubungan langsung dengan mata.

Bahkan, penyakit mata yang tergolong berbahaya seperti katarak, bisa dihindari dengan hanya mengkonsumsi sayuran terong ungu.

4. Membersihkan radikal bebas
Apabila anda merasa sangat rentan terkena penyakit, maka bisa jadi itu pertanda bahwa di dalam tubuh anda bersarang berbagai macam radikal bebas.

Jika itu terjadi, untuk mengatasinya anda bisa membiasakan diri makan terong ungu setiap hari.

Dengan begitu, radikal bebas di dalam tubuh akan dihancurkan, dan penuaan sel-sel tubuh bisa ditunda.

Salin itu, antioksidan pada terong juga berkhasiat untuk membantu mempercepat proses pembersihan tubuh dari racun.

5. Mencegah penyakit kardiovaskular
Terong ungu memang sarat manfaat, kali ini anda bisa memanfaatkanya sebagai asupan sumber kalium, yang sangat baik untuk menstabilkan denyut jantung.

Kemudian, terong ungu juga berkhasiat untuk mengusir kolesterol jahat dalam darah berkat adanya kandungan flavonoid di dalamnya.

Secara umun, terong ungu sangat bermanfaat untuk menghindarkan kita dari penyakit kardiovaskular.

6. Meningkatkan fungsi otak
Apabila anda ingin meningkatkan daya ingat dan kemampuan analisis, maka cobalah untuk memperbanyak konsumsi terong ungu.

Terong memiliki kandungan nutrisi yang dipercaya mampu membantu kinerja otak dan akal.

Nutrisi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan otak, dan menghilangkan racun berbahaya, serta meningkatkan suplai darah ke otak.

Demikianlah 6 khasiat terong ungu untuk kesehatan tubuh. Mengingat manfaatnya yang begitu besar, sepertinya mulai sekarang anda harus mencoba untuk belajar mengkonsumsinya.
Advertisement