4 Khasiat Penting Taoge Untuk Kesehatan Wanita

4 Khasiat Penting Taoge Untuk Kesehatan Wanita
4 Khasiat Penting Taoge Untuk Kesehatan Wanita
manfaat taoge untuk pria

Kecambah atau taoge ternyata tidak hanya enak ketika disantap dalam bentuk isian tahu, lumpia ataupun sayur tumis. Lebih dari itu, sayuran ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan.

Kali ini kami akan mengulas khasiat mengkonsumsi taoge atau kecambah untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi wanita. Namun sebelum masuk ke pembahasan mengenai apa saja khasiat dari kecambah. Mari ketahui dulu apa saja zat-zat yang dikandung oleh sayuran ini sehingga dipercaya sebagai salah satu sayuran yang baik untuk menunjang kesehatan.

Kandungan kecambah (Taoge)


Kemampuan kecambah untuk membantu menjaga kesehatan merupakan hasil dari berlimpahnya zat-zat penting dan vitamin yang dimilikinya. Beberapa zat dan vitamin tersebut ialah zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, kalium, vitamin B, C, B1, A, B6 dan vitamin K.

Dengan zat dan vitamin tersebut, beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya dapat dicegah dan diobati hanya dengan mengkonsumsi taoge.

Khasiat taoge untuk kesehatan


Setelah mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada kecambah, kini saatnya kita kita mengatahui khasiat apa saja yang akan kita dapatkan apabila rutin mengkonsumsinya. Nah berikut ini 4 khasiat penting mengkonsumsi taoge atau kecambah untuk kesehatan wanita.

1. Melancarkan haid
Masalah umum yang biasanya sering dialami wanita ketika datang bulan ialah menstruasi yang tidak lancar.

Apabila ini terjadi, selain mengganggu siklus haid, tidak lancarnya menstruasi juga dapat menimbulkan rasa sakit seperti nyeri di bagian pinggang atau perut. Nah kabar baiknya, masalah haid yang tidak lancar ini ternyata bisa diatasi dengan sangat mudah dan dengan biaya yang murah. Cukup rutinkan diri mengkonsumsi taoge, maka haid anda akan kembali lancar.

Untuk hal ini, upayakan agar rutin mengkonsumsi taoge sembari memperbanyak asupan air putih. Kombinasi keduanya diyakini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah gangguan menstruasi.

2. Mencegah kanker payudara
Kanker payudara sampai saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi sebagaian besar wanita. Pasalnya, selain cukup sulit untuk disembuhkan, kanker payudara juga tercatat menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan.

Namun mesikupun begitu, kita tentunya masih bisa berupaya untuk menghindari dan menyembuhkan kanker payudara dengan cara alami yang minim biaya. Cukup rutinkan diri mengkonsumsi taoge setiap hari, penyebab ataupun pengobatan terhadap kanker payudara bisa kita hindari dan lakukan.

Dalam hal mencegah kanker payudara, taoge mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin E. Antioksidan inilah yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab munculnya kanker.

Karenanya, sangat dianjurkan bagi para wanita, agar selalu mengkonsumsi taoge setiap hari secara teratur. Untuk membuatnya menjadi makanan yang enak, kita bisa mengolahnya menjadi tahu isi, lumpia, camilan dan berbagai jenis olahan makanan lainnya.

3. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin E yang terdapat pada taoge tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Namun, bagi para wanita yang mengalami gangguan kesehatan kulit seperti kulit kering, vitamin E sangat diperlukan sebagai salah satu vitamin yang akan membuat kulit kembali bersih, lembab, dan kenyal.

4. Memperbaiki kesuburan wanita
Lagi-lagi dalam hal ini vitamin E yang dimiliki taoge menyumbang peran yang sangat penting. Sifat antioksidan-nya, selain bagus untuk menghindari kanker dan menjaga kesehatan kulit, juga mampu menjadi pelindung bagi sel-sel telur dari serangan radikal bebas dan memperbaiki kesuburan rahim wanita.

Selain itu, terdapat nutrisi pada taoge yang diyakini dapat menghindarkan bayi lahir cacat ataupun risiko keguguran saat melahirkan. Dan, kandungan taoge juga dapat mengurangi kadar hormon berlebih pada wanita yang kerap menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kewanitaan.

Itulah 4 khasiat mengkonsumsi taoge atau kecambah untuk kesehatan wanita. Melihat begitu besarnya, manfaat yang bisa diperoleh dari sayuran ini, maka tidak ada kata atau alasan apapun untuk tidak mengkonsumsinya.
Advertisement