5 Khasiat Akar Putri Malu Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Akar Putri Malu Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh
5 Khasiat Akar Putri Malu Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh
khasiat ekstrak akar putri malu untuk kesehatan

Anda mungkin tidak menyangka bahwa putri malu merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang mempunyai ciri mengatupkan daunnya ketika disentuh ini, ternyata telah terbukti berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebelum tersebar dan tumbuh di daerah asia tenggara. Tanaman putri malu pertama kali tumbuh di Amerika. Orang-orang di negeri paman sam itu, biasanya mengenal tanaman putri malu dengan nama “sensitive plant” atau “shame-plant” yang merujuk kepada ciri khas tanaman ini.

Selain di asia tenggara, tanaman ini juga ditemukan tumbuh subur di daerah India. Di sana, tanaman putri malu dikenal dengan nama “Laajvanti”.

Namun seperti kebanyakan tanaman berduri yang lain. Oleh orang-orang Indonesia tanaman putri malu biasanya akan dimusnahkan karena dianggap sebagai gulma yang hanya akan mengganggu pertumbuhan tanaman lain yang tumbuh bersamanya. Itulah sebabnya, kita akan sangat kesulitan untuk bisa menemukan tanaman putri malu yang bertahan sampai fase terakhir pertumbuhannya.

Tapi dibalik semua anggapan negatif yang dialamatkan kepada tanaman putri malu. Selebihnya tanaman ini seperti yang diungkap sedikit diatas, merupakan tanaman yang kaya akan kandungan zat-zat yang memang berkhasiat untuk kesehatan. Akarnya saja, tercatat memiliki kandungan zat flavonoid, alkaloid, asam amino, glikosida, asam lemak dan fitosterol.

Selain akar, bagian tanaman putri malu yang juga bisa diolah menjadi bahan obat tradisional ialah bagian daunnya. Namun sementara ini, kebanyakan bagian akarnya lah yang biasnya dimanfaatkan.

Manfaat akar putri malu untuk pengobatan dan kesehatan tubuh


Bagi Anda yang belum mengetahui tentang manfaat tanaman putri malu, terutama bagian akarnya. Anda bisa menggali informasinya pada daftar manfaat akar putri malu dibawah ini.

1. Obat kolera yang ampuh
Kolera disebabkan oleh infeksi usus yang terjadi akibat aktivitas bakteri yang bernama Vibrio Cholerae. Meskipun pada sebagian kasus infeksi ini tidak lah parah, Anda sebaiknya tidak terlena. Karena apabila terus dibiarkan, bukan tidak mungkin infeksi tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang semakin parah.

Untuk mengobati kolera dengan tanaman putri malu, Anda bisa membuat atau membeli ekstrak akar putri malu yang ampuh untuk menghambat aktivitas bakteri Vibrio Cholerae.

2. Mengobati pendarahan pada saluran kencing
Selain ampuh untuk mengobati penyakit kolera. Ekstrak akar putri malu juga berkhasiat untuk mengobati pendarahan yang terjadi pada saluran kencing. Kandungan zat yang terdapat pada ekstrak akar putri malu, berguna untuk proses terapi saluran kencing yang akan mengurangi pendarahan.

3. Penyembuh luka
Karena memiliki kandungan berupa zat fenol, ekstrak akar putri malu juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Bahkan dari beberapa penelitian yang dilakukan langsung pada penderita luka, ekstra akar putri malu ini mampu menyembuhkan luka dengan sangat cepat berkat keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab infeksi.

4. Menyembuhkan batuk berdahak
Apabila Anda telah mencoba obat-obatan kimia untuk menyembuhkan batuk berdahak namun tidak membuahkan hasil. Maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan ekstrak akar putri malu. Selain tidak menimbulkan efek samping, pengobatan batuk berdahak dengan ekstrak putri malu juga terbukti ampuh sebagai alternatif lain setelah pengobatan menggunakan obat kimia.

5. Meningkatkan libido
Banyak faktor yang menjadi penyebab menurunnya gairah bercinta pada beberapa pasangan suami istri. Apabila terus dibiarkan, masalah ini biasanya akan berujung pada kurang harmonisnya kehidupan rumah tangga mereka.

Nah apabila Anda juga sedang mengalami penurunan gairah bercinta. Maka Anda bisa menggunakan akar putri malu sebagai obat atau suplemen penambah libido. Beberapa penelitian, membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada akar putri malu berkhasiat untuk meningkatkan birahi dan hasrat bercinta.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari akar putri malu. Meskipun digolongkan ke dalam kategori tumbuhan perusak, ternyata putri malu juga menyimpan banyak manfaat.
Advertisement