5 Khasiat Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh
5 Khasiat Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh
manfaat akar alang-alang

Alang-alang biasanya akan tumbuh subur di pematang-pematang sawah. Namun karena dianggap hanya sebagai gulma perusak tanaman para petani, ilalang biasanya akan langsung dimusnahkan sebelum benar-benar mencapai puncak pertumbuhannya.

Memang belum begitu banyak petani yang mengetahui khasiat penting yang tersimpan pada alang-alang. Padahal, andai saja para petani itu mengetahui, alang-alang yang tumbuh dengan akar yang mencengkeram tanah, bermanfaat untuk menjaga kondisi tanah agar tetap kuat dan tahan terhadap erosi.

Manfaat akar alang-alang tentunya bukan hanya sebagai penguat rekatan tanah. Lebih dari itu, akar ilalang juga berkhasiat sebagai bahan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dengan kata lain, akar ilalang memiliki khasiat penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat akar alang-alang sebagai bahan pengobatan tradisional


Ada berbagai macam kandungan senyawa kimia yang terdapat pada alang-alang. Kandung tersebut, tersebar ke seluruh bagian tanaman mulai dari daun, batang sampai akar. Namun bagian yang memiliki kandungan kimia terbanyak ialah bagian akarnya. Sehingga untuk bahan pengobatan, biasanya diolah dan dimanfaatkan adalah bagian akar.

Adapun khasiat dari akar ilalang tersebut ialah :

1. Mengobati radang paru-paru
Radang paru-paru adalah penyakit yang disebabkan oleh masuknya senyawa kimia jahat atau bakteri ke dalam paru-paru. Hal ini bisa ditimbulkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok dan yang lainnya. Nah untuk mengobati radang paru-paru secara alami, anda bisa memanfaatkan akar alan-alang dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Jika anda bisa rutin mengkonsumsi air rebusan alang-alang ini, maka secara perlahan radang paru-paru yang anda derita akan hilang.

2. Mengatasi keputihan
Umumnya penyakit keputihan ditandai dengan munculnya cairan putih kental dari organ vital wanita. Jika terus dibiarkan, penyakit ini bisa saja menimbulkan efek yang lebih serius. Untuk mengatasi keputihan dengan akar ilalang, cara yang bisa anda lakukan hampir sama dengan langkah pengobatan untuk radang paru-paru. Anda hanya perlu merutinkan untuk meminum air rebusan akar alang-alang.

3. Menurunkan tekanan darah
Akar alang-alang juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Apabila anda terdiagnosa mengalami tekanan darah tinggi, sebelum lebih parah dan membahayakan, anda sebaiknya segera melakukan penanganan dini dengan mengkonsumsi olahan akar alang-alang. Olahan yang dimaksud disini ialah dengan merebus akar alang-alang sampai mendidih dan meminum airnya yang masih hangat. minumlah air rebusan ilalang tersebut 2 kali dalam sehari secara rutin. Secara perlahan, tekanan darah anda yang tinggi akan berangsur-angsur turun dan normal kembali.

4. Mengobat radang ginjal
Selain ampuh mengobati radang paru-paru, akar ilalang juga ampuh untuk mengobati radang ginjal. Untuk memanfaatkan akar alang-alang sebagi obat radang ginjal. Anda bisa membuat ramuan akar alang-alang dengan cara sebagai berikut.
  • Siapkan sekitar 120 gram akar alang-alang yang masih segar
  • Lalu bersihkan dan potong menjadi potongan yang kecil-kecil
  • Kemudian rebus akar ilalang tadi bersama 3 gelas air sampai mendidih
  • Setelah air rebusan tersisa sekitar 1 gelas. Hentikan perebusan dan pisahkan akar ilalang dari air rebusannya
  • Gunakan air rebusan ilalang tadi sebagai obat radang ginjal dengan cara meminumnya pada pagi dan sore hari

5. Mengobati diare
Khasiat terakhir yang bisa anda dapatkan dari akar alang-alang ialah dapat dijadikan sebagai obat diare. Apabila penyakit ini mulai terasa mengganggu anda, maka segera atasi dengan air rebusan akar alang-alang. Dosis yang bisa anda pakai ialah meminum air rebusan maksimal 2 kali dalam sehari.

Cukup banyak ternyata khasiat air rebusan akar alang-alang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Cara pengolahannya pun terbilang cukup sederhana sehingga semua orang kami rasa akan dengan mudah dapat membuatnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda dalam memanfaatkan khasiat akar alang-alang.
Advertisement