3 Khasiat Penting Air Rebusan Daun Sirih

3 Khasiat Penting Air Rebusan Daun Sirih
3 Khasiat Penting Air Rebusan Daun Sirih
manfaat daun sirih untuk kesehatan
source : khasiat.co.id

Mungkin saat ini kita sudah jarang menemukan adanya nenek-nenek atau kakek-kakek yang mengunyah daun sirih. Padahal, dulunya mengunyah daun sirih merupakan hal yang biasa kita lihat dilakukan oleh orang-orang tua tersebut.

Dulu kami hanya bisa melihat tanpa mengerti apa tujuan dari para orang tua mengunyah daun sirih. Saat itu, kami hanya melongo sambil sesekali menahan mual karena perasaan yang kurang enak ketika melihat mulut nenek-nenek belepotan air liur bercampur lolohan daun sirih.

Namun, sekarang kami sadar bahwa kebiasaan mengunyah daun sirih yang dilakukan oleh para orang tua dahulu ternyata memiliki manfaat yang cukup penting, terutama untuk kesehatan. Maka pantaslah kalau dulu orang-orang tua tersebut jarang sekali yang terkena penyakit. Kalaupun sakit, mereka biasanya tidak memerlukan proses perawatan yang terlalu lama atau biaya yang terlalu mahal untuk sembuh kembali.

....dan kami yakin anda yang sedang membaca artikel inipun juga masih kurang mengetahui mengenai khasiat daun sirih ini. karenanya, dibawah ini telah kami siapkan ulasan mengenai apa manfaat yang akan anda peroleh apabila mengunyah atau meminum air rebusan daun sirih. yuk dibaca pelan-pelan.

Khasiat meminum air rebusan daun sirih


1. Mengobati demam berdarah
Siapa yang menyangka bahwa air rebusan daun sirih ternyata berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah ? kalau tidak percaya, silahkan anda coba sendiri dengan meminum air rebusan daun sirih ini ketika anda terserang demam berdarah. Cara untuk pembuatan dan pemanfaatan daun sirih sebagai obat penyakit DBD ialah sebagai berikut.
  • Siapkan 5-6 lembar daun sirih. Pilih yang kondisi daunnya bagus tanpa ada kerusakan.
  • Siapkan juga 2 gelas air bersih. Lalu silahkan rebus daun sirih yang telah dibersihkan bersama 2 gelas air tersebut.
  • Tunggulah sampai rebusan daun sirih benar-benar mendidih sampai air rebusannya hanya tersisa sekitar 1 gelas.
  • Setelah mendidih, ambil atau pisahkan daun sirih dari air rebusannya.
  • Lalu minumlah secara rutin air rebusan daun sirih tersebut dengan dosis 2 kali dalam sehari.

2. Mengobati radang tenggorokan
Radang tenggorokan memang bukanlah penyakit berbahaya. Namun apabila dibiarkan, radang tenggorokan ini bisa mengganggu aktivitas keseharian anda. Nah apabila penyakit radang tenggorokan mulai terasa. maka air rebusan daun sirih bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkannya. Dengan meminum air rebusan daun sirih, tenggorokan anda akan terasa lebih lega dan radang tenggorokan pun lambat laun akan hilang.

Untuk memanfaatkan daun sirih sebagai obat radang tenggorokan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan.
  • Siapkan 4-5 lembar daun sirih. ingatlah agar selalu memilih daun sirih yang bagus dan tidak rusak.
  • Setelah dibersihkan. Rebuslah daun sirih tersebut bersama 2 gelas air bersih sampai benar-benar mendidih dan hanya menyisakan sekitar 1 gelas air.
  • Setelah mendidih. Minumlah air rebusan daun sirih tadi setiap kali rasa radang di tenggorokan anda mulai muncul.

3. Melancarkan haid
Haid yang tidak lancar tentunya akan membuat para wanita merasa kurang nyaman. Karenanya, banyak wanita yang ketika haidnya tidak lancar, akan membeli berbagai macam obat atau jamu pelancar haid. Namun apabila anda ingin melancarkan haid secara alami, maka air rebusan daun sirih juga bisa anda manfaatkan. Karena selain manfaat sebelumnya, air rebusan daun sirih juga berkhasiat untuk melancarkan haid.

Untuk membuat air rebusan daun sirih sebagai obat pelancar haid, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Siapkan 3-5 lembar daun sirih.
  • Lalu rebuslah daun sirih tersebut sampai mendidih.
  • Kemudian setelah mendidih. Biarkan air rebusan dingin dulu sebelum diminum.
  • Rutinkan meminum air rebusan daun sirih selama masa menstruasi atau haid.

Itulah beberapa khasiat air rebusan daun sirih untuk kesehatan. Setelah mengetahui manfaatnya, anda sekarang pastinya tidak heran lagi jika sewaktu-waktu menemukan ada orang tua ataupun orang dewasa yang mengunyah daun sirih.

Agar tidak hanya menjadi pengetahuan semata, cobalah untuk membuktikan langsung khasiat air rebusan daun sirih ini jika anda sedang mengalami masalah kesehatan atau penyakit seperti diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement