Khasiat Akar Bahar Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Bahar Untuk Kesehatan
Khasiat Akar Bahar Untuk Kesehatan
manfaat akar bahar untuk mengobati penyakit

Tahunkah anda bahwa akar bahar tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Lebih dari itu, akar bahar ternyata juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit seperti rematik, radang tenggorokan dan yang lainnya. Nah di artikel kali ini, kami akan ulas lebih lengkap mengenai khasiat akar bahar untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui.

Bagi anda yang belum tahu, akar bahar adalah salah satu jenis tanaman bawah laut yang termasuk ke dalam jenis terumbu karang. Karena bentuknya yang unik dan terkesan cantik. Maka banyak orang yang kemudian menjadikan akar bahar ini sebagai bahan untuk membuat gelang dan beberapa model perhiasan lainnya.

Selain dikenal dengan nama akar bahar, tanaman ini juga dikenal dengan nama akar laut. Ini dikarenakan kata kedua dari namanya yakni kata “bahar”, ternyata diambil dari bahasa Arab yang berarti laut.

Sementara dari jenisnya, tanaman akar bahar sebenarnya memiliki 4 jenis yaitu akar bahar hitam, akar bahar putih, akar bahar merah dan akar bahar kelabu. Namun pada artikel ini, kami akan mencoba membahas khasiat akar bahar secara umum tanpa membeda-bedakan jenisnya.

Manfaat akar bahar untuk kesehatan dan pengobatan


1. Mengobati rematik
Rematik merupakan salah satu penyakit yang umumnya akan menyerang orang-orang yang telah berusia lanjut. Penyakit ini, akan menyerang beberapa anggota gerak tubuh seperti otot, sendi dan tulang. Cirinya ialah penderita akan merasakan sakit yang sama seperti saat keseleo. Tanda lainnya, kulit yang membungkus bagian otot yang sakit biasanya juga akan terlihat memerah.

Untuk mengobati penyakit rematik tanpa obat kimia, anda bisa memanfaatkan kandungan zat radium yang terdapat pada akar bahar. Anda bisa merebus terlebih dahulu akar bahar ini dan meminum air rebusannya sebagai obat alami penyembuh rematik.

2. Melencarkan peredaran darah
Selain rematik, zat radium yang tekandung dalam akar bahar juga berkhasiat untuk mengobati atau melancarkan peredaran darah. Cara pemanfaatannya pun hampir sama yakni dengan cara meminum air rebusan akar bahar.

3. Membunuh racun dalam tubuh
Selain zat radium, akar bahar juga mengandung ion, vitamin serta beberapa unsur hara yang diserap dari dasar laut. Anda, juga bisa memanfaatkan kandungan-kandungan tersebut untuk membunuh racun dan menetralkan zat kimia yang bersarang di dalam tubuh.

4. Mengobati radang tenggorokan
Selain ketiga khasiat diatas, akar bahar juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk penyakit ini, anda bisa membuat ramuan akar bahar dengan cara menggiling sampai halus akar bahar yang telah dibersihkan dan dikeringkan, kemudian mencampurnya dengan daun sirih, akar ilalan dan jahe merah.

5. Menjaga stamina
Kandungan vitamin dan ion yang terdapat pada akar bahar, tidak hanya berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat. Namun, zat-zat tersebut juga berkhasiat untuk menjaga stamina agar tubuh tetap bugar sehingga tidak mudah terserang virus dan bakteri akibat radikal bebas.

Itulah beberapa khasiat akar bahar untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Sebenarnya selain khasiat diatas, akar bahar juga kadang dimanfaatkan untuk hal-hal yang sifatnya mistis. Namun karena alasan tertentu, kami memilih untuk tidak membahasnya pada artikel ini.

Akhirnya semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat memberi tambahan informasi kepada anda dalam memanfaatkan akar bahar sebagai obat alami. 
Advertisement