Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan
manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Karena, selain kandungan vitamin C nya yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin lainnya seperti karbohidrat, serat, protein, kalsium, asam folat, fosfor magnesium, zat besi, seng, asam sitrat, kalium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan gula.

Meskipun rasanya bisa dibilang kurang enak, tapi manfaat dari jeruk nipis ini sangatlah banyak. Seperti yang kami tuliskan diatas, selain berkhasiat sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, jeruk nipis juga berkhasiat untuk merawat kecantikan tubuh. Tidak percaya ? yuk simak ulasan lengkap mengenai khasiat jeruk nipis dibawah ini.

Khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan


1. Meningkatkan sistem imun tubuh
Manfaat pertama yang bisa anda peroleh dari jeruk nipis ialah untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh atau yang biasa dikenal dengan sistem imun. Karena seperti yang diketahui, jeruk nipis merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dan vitamin C ini sendiri adalah nutrisi yang sangat baik untuk menjadikan tubuh tetap bugar, sehat dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Jadi, mulai sekarang biasakanlah diri anda untuk rutin mengkonsumsi jus atau teh jeruk nipis.

2. Mencegah kanker
Kanker adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang dapat mengganggu fungsi organ tubuh. Jika dibiarkan, maka resiko atau masalah yang lebih parah akan senantiasa mengancam kehidupan anda. Tapi tenang, resiko penyakit kanker ini ternyata bisa dikurangi hanya dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Ini dikarenakan oleh kandungan liminoid yang terdapat pada jeruk nipis, yang selanjutnya akan berperan sebagai anti radikal bebas pembasmi sel kangker.

3. Mengurangi kadar kolesterol
Selain kanker, radikal bebas juga bisa menjadi penyebab terjadinya peningkatan kadar kolesterol. Meskipun dibutuhkan tubuh, tapi jika kadarnya terlalu banyak, kolesterol bisa berbalik menjadi membahayakan tubuh. Nah untuk menangkal radikal bebas penyebab kolesterol, anda bisa memanfaatkan kandungan flavonoid yang terdapat pada jeruk nipis. Zat flavonoid ini, kemudian akan menjadi antioksidan yang berfungsi pelindung tubuh dari radikal bebas.

4. Membantu penurunan berat badan
Bila anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, maka anda bisa mempercepat hasilnya dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Karena, jeruk nipis ternyata sangat baik untuk membantu pembakaran lemak dalam tubuh anda. selain itu, kandungan serat pada jeruk nipis, juga akan berperan penting dalam memastikan kelancaran metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan khasiat penuh jeruk nipis dalam rangka penurunan berat badan. Maka anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dalam bentuk teh.

5. Membersihkan jerawat
Jerawat adalah salah satu momok menakutkan bagi wanita. Karenanya, wanita biasanya tidak takut untuk membayar biaya berapapun untuk perawatan kulit wajahnya. Namun, jika para wanita ingin berhemat dan menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat, maka para wanita bisa memanfaatkan jeruk nipis. Kandungan zat antibiotik pada jeruk nipis, dipercaya dapat membantu untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya ialah dengan membuat jeruk nipis yang telah dicampur madu sebagai masker wajah.

6. Mencerahkan kulit wajah
Selain membersihkan jerawat. Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai pencerah kulit. Khasiat ini, diperoleh karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis.

Tak disangka ternyata khasiat jeruk nipis sangatlah beragam. Daripada menggunakan produk atau obat-obatan yang tidak jelas, lebih baik anda mencoba memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat alami dan perawatan kulit.
Advertisement