7 Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

7 Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
7 Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah kelapa. Karena di Indonesia, kelapa merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur dan bisa ditemukan dengan mudah di setiap daerah. Pohon kelapa, biasanya akan ditaman dan tumbuh sehat di areal-areal persawahan penduduk.

Lebih lanjut, kelapa merupakan tanaman yang memiliki manfaat di semua bagian tanamannya. Lidi pada daunnya bisa digunakan untuk membuat sapu lidi, pohonnya untuk bahan kayu bangunan dan buahnya bisa dikonsumsi ketika muda dan dijadikan bahan masakan dikala tua.

Selain itu, beberapa penelitian dan percobaan telah membuktikan bahwa kandungan air yang ada pada buah kelapa juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Yang paling terkenal, air kelapa ini merupakan asupan yang bagus untuk menghindarkan diri dari dehidrasi.

Selengkapnya mengenai khasiap air kelapa bisa anda temukan pada ulasan dibwah ini.

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan

1. Manfaat untuk kesehatan
Ada berbagai macam manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan meminum air kelapa muda. Beberapa diantaranya ialah :
  • Melancarkan pencernaan : Air kelapa mengandung enzim bioaktif yang sangat tinggi. beberapa diantaranya adalah asam folat, dehidrogenase, diastase, fotase dan katalase. Enzim-enzim ini, merupakan zat yang sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan. Selain enzim, terdapat juga beberapa vitamin yang berkhasiat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh anda.
  • Mengobati batu ginjal : Toksin yang menumpuk di dalam tubuh, merupakan penyebab utama dari terbentuknya batu ginjal. Dalam kondisi terparah, penyakit batu ginjal ini biasanya akan diobati dengan jalan operasi pengangkatan batu ginjal. Namun jika anda ingin mencoba pengobatan secara alami, maka anda bisa memanfaatkan air kelapa muda sebagai terapi pengobatan alami. Karena, air kelapa yang mengandung kalium, dipercaya dapat membantu proses pelarutan atau penghancuran batu ginjal.
  • Mengurangi mual yang terjadi pada ibu hamil : Wanita yang sedang hamil muda biasanya akan sering merasakan mual dengan tingkat rasa sakit yang tinggi. Ketika ini terjadi, selera makan dari sang ibu hamil biasanya akan berkurang dan membuat tubuhnya menjadi lemah. Nah untuk mengurangi dan menghilangkan rasa mual tersebut, para ibu hamil bisa memanfaatkan air kelapa dengan meminumnya secara rutin dan teratur.
  • Menurunkan tekanan darah : Air kelapa juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan pada air kelapa terdapat kandungan elektrolit yang berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh.
2. Manfaat untuk kecantikan
Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, air kelapa juga berkhasiat untuk menjaga dan merawat kulit agar tetap cantik. Manfaat kecantikan yang bisa anda peroleh dari air kelapa diantaranya ialah :
  • Menghilangkan jerawat dan flek hitam di kulit : Jerawat dan flek hitam merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan air buah kelapa. Caranya ialah dengan mengoleskan air kelapa di sekitar kulit yang terkena jerawat atau flek hitam dan mendiamkannya selama semalam, kemudian dilanjutkan dengan pembersihan wajah di pagi hari. Dengan rutin melakukannya, maka secara perlahan jerawat dan flek hitam di wajah akan hilang.
  • Menurunkan berat badan : Badan yang langsing dengan berat yang ideal, secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penampilan seseorang. Nah jika anda berkeinginan untuk melakukan program diet, maka air buah kelapa bisa anda manfaatkan sebagai asupan yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi air kelapa juga dapat menambah energi sehingga anda akan selalu merasa kenyang meskipun telah mengurangi konsumsi makanan.
  • Memperlambat penuaan : Sitokit dan asam laurut merupakan dua zat penting yang berperan dalam proses regenerasi kulit. Dan kabar baiknya, zat sitokit dan asam laurut ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi air kelapa. Karenanya jika ingin menegah atau memperlambat penuaan pada diri anda, maka rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi air kelapa.

Ternyata selain rasanya yang manis dan segar. Air kelapa juga menyimpan beragam khasiat yang penting bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Berdasarkan hal ini, maka tidak ada salahnya untuk selalu menyiapkan dan meminum air kelapa setiap hari dengan rutin dan teratur.
Advertisement