5 Khasiat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh
5 Khasiat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh
manfaat biji selasih
Source : obatmaagterbaik.com

Dalam bahasa latin, selasih dikenal dengan sebutan Ocinu dan termasuk ke dalam keluarga plantea. Sebelum menyebar dan akhirnya tumbuh di Indonesia, tanaman ini pada awalnya hanya tumbuh di Negara Thailand yang merupakan daerah asalnya.

Hampir semua bagian dari tanaman selasih bisa dimanfaatkan, terlebih bagian biji dan daunnya. Di Cina, biji selasih bahkan telah terkenal dan digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis tanaman selasih. Namun yang paling terkenal dan banyak dimanfaatkan adalah tanaman selasih berjenis kemangi.

Umumnya, daun selasih oleh orang-orang Indonesia sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat bumbu masakan serta lalapan.

Sedangkan untuk bagian bijinya. Orang Indonesia biasa memanfaatkanya sebagai campuran minuman. Karena selain segar, minuman yang dicampur dengan biji selasih juga dipercaya dapat menambah kesehatan tubuh.

Kepercayaan tersebut cukup beralasan karena biji selasih memang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan tersebut ialah eugenol, serat, lemak, vitamin serta tymol.

Lalu, apa sajakah manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh ? bila anda belum mengentahuinya, mari simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat biji selasih untuk kesehatan


1. Sebagai obat batuk berdahak
Selain kandungan diatas, biji selasih juga mengandung antispasmodik yang sangat berkhasiat untuk meredakan batuk. Anda bisa mencobanya untuk mengobati batuk berdahak dengan cara mengkonsumsinya bersama teh.

Selain itu, minuman dari biji selasih juga berkhasiat untuk memberikan sensasi releks dalam diri anda. Dijamin setelah mengkonsumsinya, semangat anda dalam menjalani aktivitas harian akan semakin bertambah.

2. Melancarkan pencernaan
Khasiat selanjutnya dari biji selasih adalah dapat melancarkan pencernaan. Apabila anda sedang mengalami gangguna pencernaan seperti susah BAB, sembelit, perut kembung ataupun kram perut, maka biji selasih ini bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya.

Adapun cara pengobatan gangguan pencernaan menggunakan biji selasih ialah dengan cara mengkonsumsinya bersama madu menjelang malam dan di pagi hari.

3. Mengatasi stress
Stress menjadi masalah umum yang sering dialami oleh sebagaian besar orang. Tekanan hidup yang tinggi kadang membuat fikiran tidak menentu dan akhirnya membuat frustasi.

Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka anda juga bisa memanfaatkan khasiat biji selasih sebagai bahan aromaterapi.

Cara yang perlu anda lakukan hanyalah dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari biji selasih, madu serta jeruk nipis yang telah diseduh bersama air hangat.

4. Mencegah dampak buruk nikotin
Jika anda memiliki kebiasaan menghisap rokok dan ingin menghindari efek buruk nikotin yang terkandung pada rokok. Maka anda bisa memanfaatkan biji dan daun selasih sebagai penetralisir nikotin.

Bijinya bisa anda campur ke dalam minuman. sedangkan daunnya, bisa anda konsumsi dengan membuatnya sebagai lalapan.

5. Asupan yang bagus di saat diet
Ketika menjalankan program diet. Tubuh anda akan kehilangan banyak cairan serta energi karena konsumsi makanan serta minuman semakin berkurang.

Agar tubuh anda tetap berenergi meskipun sedang menjalankan program diet, maka anda bisa menjadikan biji selasih sebagai asupan sumber serat yang berkhasiat untuk menjaga tubuh tetap kenyang dan bertenaga.

Selain itu, dengan mengkonsumsi biji selasih, tubuh anda juga akan tetap sehat karena kandungan biji selasih yang mampu mengurangi kadar toksin dalam tubuh anda.

Mengetahui banyaknya khasiat yang terkandunga dalam biji selasih. Maka tidak berlebihan apabila kita mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsinya.

Selain bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah. Biji selasih juga merupakan tanaman herbal yang tentunya bebas dari efek samping berbahaya.

Namun selain mengkonsumsi biji selasih setiap hari. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, kita juga harus rutin melakukan olahraga dan selalu menjaga pola hidup yang sehat.
Advertisement