6 Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

6 Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh
6 Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh
manfaat daun seledri

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan daun seledri. Apalagi jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, pastinya anda akan sangat familiar dengan daun seledri yang tidak lain merupakan dedaunan yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan.

Namun tahukah anda, selain berguna sebagai bahan bumbu masakan. Daun seledri ternyata juga menyimpan segudang manfaat lain yang tidak kalah penting. Manfaat tersebut ialah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Ternyata, hanya dengan menggunakan daun seledri, anda bisa mencegah bahkan mengobati berbagai macam penyakit mulai dari penyakit yang tergolong ringan sampai penyakit berat sekalipun.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui mengenai khasiat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Dibawah ini bisa anda temukan informasi lengkap mengenai hal tersebut.

Khasiat daun seledri untuk pengobatan dan kesehatan tubuh


1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Khasiat pertama yang dimiliki oleh daun seledri dalam membantu menjaga kesehatan tubuh adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini, dikarenakan daun seledri memiliki kandungan berupa zat flavonoid yang dibutuhkan oleh penderita darah tinggi untuk menormalkan tekanan darah.

Cara untuk menggunakan daun seledri sebagai penurun darah tinggi adalah :
  • Siapkan sekitar 20 lembar daun seledri yang sudah dicuci bersih.
  • Lalu tumbuk daun seledri bersama air sampai benar-benar halus.
  • Kemudian daun seledri yang telah halus, diperas dan disaring airnya.
  • Yang terakhir tinggal menggunakan air perasan daun seledri tadi sebagai obat darah tinggi dengan cara diminum dengan dosis 3 kali sehari 2 sendok makan.

2. Mengobati rematik
Selain zat flavonoid. Daun seledri juga mengandung nutrisi dan vitamin, anti radang serta anti bakteri. Adanya kandungan tersebut, dipercaya mampu untuk membantu menyembuhkan penyakit rematik. Juga, kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar zat purin yang menjadi pemicu meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh.

3. Mengobati anemia
Anemia sering terjadi pada wanita yang sedang dalam masa haid atau mengandung. Nah untuk mengatasinya, mereka bisa menggunakan daun seledri yang di dalamnya terdapat kandungan zat berupa zat besi yang tinggi.

4. Mencegah munculnya sel kanker
Aktivitas sel abnormal merupakan pemicu dari tumbuhnya sel kanker. Untuk menghancurkan sel-sel tersebut, dibutuhkan senyawa kumarin fitokimia dan asam fenolat yang dapat ditemukan pada daun seledri. Karenanya, daun seledri pun bisa untuk digunakan sebagai pencegah kanker yang sangat ampuh.

5. Menyembuhkan penyakit asma
Asma umumnya merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan karena polusi. Sehingga untuk mengatasinya, diperlukan adanya antioksidan sebagai penangkal dari dampak buruk polusi itu sendiri. Nah dalam hal ini, daun seledri juga mengandung nutrisi yang dapat berperan sebagai antioksidan.

Adapun cara untuk mengolah obat asma dari daun seledri ialah sebagai berikut :
  • Siapkan 3 lembar daun seledri dan 9 lembar daun randu.
  • Lalu cucilah kedua jenis daun tersebut sampai benar-benar bersih. Kemudian lakuakan penumbukan sampai halus.
  • Selanjutnya aduklah tumbukan daun seledri dan daun randu yang juga telah dicampur dengan garam, gula aren dan setengah gelas air.
  • Terakhir silahkan saring dan ambil hanya air nya saja.
  • Lalu minumlah air hasil saringan tadi secara teratur sebelum sarapan di pagi hari.

6. Menurunkan kolesterol
Nutrisi yang dikandung oleh daun seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol. Nutrisi-nutrisi tersebut, akan berberan sebagai penghancur kolesterol yang menumpuk yang dapat menghambat lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh.

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari daun seledri. Setelah ini, anda pasti ingin membuktikan nya kan ? nah saran kami, sebelum mencoba apa yang anda dapatkan dari artikel ini. Sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter perihal penyakit anda. Dokter tentunya lebih mengetahui bagaimana penanganan yang tepat untuk setiap penyakit.
Advertisement